Minggu, 09 Oktober 2016

Creativity divert my World

                                           Creativity divert my world
Disiang hari yang panas dengan perut yang lapar aku berjalan sambil mendengarkan lagu afgan yang berjudul” wajahmu mengalihkan dunia ku” begitu merdunya suara afgan artis favorite ku hingga aku lupa diri dan mengikuti lyric lagu tersebut dengan suara yang sangat jauh dari kata merdu dan jauh dari kata menenangkan seperti suara asli dari penyanyi nya ya tentu saja afgan syah reza yang bila berbanyi semua orang akan merasa nyaman mendengarnya.
           terlalu semangat nya mengeluarkan suara yang luar biasa ini hingga rasa haus pun mulai memberi tanda agar aku sadar dan menghentikan nyanyian ini untuk menyudahi semua hal konyol ini dan terlalu memaksa ku untuk bisa bernyayi dengan memiliki suara merdu karna jika terlalu memaksa aku takut jika ada yang langsung pingsan ketika mendengar suara yang aduhai ini hahaha…
            Aku berhenti disebuah warung kecil untuk membeli minuman dan tentu saja dengan harapan setelah minum ini, maka suara bisa lebih merdu gitu tapi ketika membuka kulkas aku hanya menemukan susunan botol susu disana dan karana gak ada pilihan lain yaudah deh aku beli satu botol susu ini untuk menghilngkan dahaga yang sangat menggangu ini dan menghalangi ku untuk mengeluarkan suara merdu yang walaupun hanya aku yang mengakui betapa merdunya suara ku ini.
           Sambil meminum satu botol susu dingin ini aku berjalan menuju kos dan akhirnya aku sampai di kos aku langsung menuju kamar kos dan setelah itu aku mengganti pakaian ku dan langsung menuju dapur untuk memasak menu kesukaan ku yaitu nasi goreng dan setelah selesai masak aku langsung menyantap nasi goreng buatan ku sambil nonton tv dan akhirnya cacing” pun mulai berhenti berdemo karna perut ini sudah kenyang karna terisi nasi goreng special buatan ku.Sambil menonton tv tiba”aku teringat susu yang aku beli diperjalanan pulang tadi dan akhirnya aku mengambilnya dan meminum sisa susu yang masih tersisa dibotol itu dan aku begitu menikmati sisa’’terakhir dalam botol susu itu dan saat aku minum sisa susu itu sambil nonton tv listrik kurang bersahabat dan mati lampu .
            Akhirnya aku bingung mau ngapain dan akhirnya sifat iseng ku pun mulai kambuh dengan melihat botol susu yang telah ku buang di tong sampah depan kamar kos lalu aku mengambilnya dan coba membuat sesuatu agar ada kerjaan yang menghilangkan suntuk saat mati lampu ini,aku coba mengamati nya dan berfikir apa yang bisa ku buat dari botol bekas ini?
aku mencari gunting dan pensil dikamar ku tapi ketika aku mengambil pensil di atas meja semua cat warna dan spidol ku berjatuhan dan berserakan karna sudah biasa bagiku alat tulis berserakan di meja itu dan aku langsung mendapatkan ide kalau bagaimana botol ini dibuat kotak penyimpanan alat tulis agar peralatan tulis ku menjadi rapi
           Aku mulai merancang model yang ku ingin kan dan berfikir bagaimana caranya agar menjadi cantik dan menarik dari hasil karya dadakan yang ku buat ini,aku mulai memotong botol lalu mencoba melapisi luar botol dengan kain flannel setelah jadi aku langsung menjemur nya agar lem nya merekat sempurna dan setelah 3 jam menunggu akhirnya jadi dan hasil nya lumayan memuaskan dan aku segera meletak alat tulis ku yang berantakan di meja belajar ku dan tempat pencil dari  botol bekas susu ini lumayan membantu keadaan meja belajar ku yang biasa nya berantakan.
Teman satu kos ku seperti biasanya main ke kamar ku dan dia melihat ada yang aneh dengan meja belajar ku lalu aku menceritakan tentang karya dadakan yang ku buat siang tadi dan teman ku hanya tertawa melihat botol susu yang telah ku sulap menjadi tempat pensil cantik lalu dia mengomentari dan berkata aku seperti anak Tk tapi menurut nya tempat pensil itu akan lebih cantik jika aku mengukir botol susu itu dan melukis nya agar terlihat lebih menarik.
Disepanjang malam aku pun memikirkan perkataan dari teman kos ku tadi kalau boleh jujur sih kecewa karna menurut ku hasil karya ku sudah sangat bagus dan belum tentu juga dia bisa membuat seperti yang ku buat tapi saran yang diberi nya pun membuat ku tertantang dan harus membuat agar lebih menarik dan membuktikan karya ku lebih bagus dari level anak TK.
Esok paginya pun aku bersemangat sepulang kuliah untuk membeli 3 botol susu sekaligus dengan harapan hari ini bisa menghasilkan karya yang lebih baik sesampai di kos aku langsung beraksi membentuk pola yang lebih rumit dalam memotong botol susu tapi apa daya aku yang amatir ini malam menghancurkan botol susu tersebut lalu aku mencoba lagi di botol ke 2 dan lebih berhati-hati membuat pola ukiran nya dan setelah di pola aku coba melukis di kain flannel tersebut namun gagal juga karna aku juga amatir dalam melukis.
Harapan langsung hilang seketika dan perasaan ku jadi sedih aku sadar mungkin aku gak bisa mewujudkan impian ku menjadi seorang yang kreatif lalu aku berbaring dikamar ku sambil menantap botol susu terakhir yang ku punya ini dan dalam benak ku terpikir betapa kreatif nya orang yang mendesain botol susu ini dan aku yakin pasti bukan hanya sekali saja mereka mendesain botol susu ini dan pasti mereka mengalami berbagai kegagalan.
Akhirnya timbul semangat ku lagi dan aku coba mencari sumber’’ di internet untuk mencari ide bagiamana bisa dengan kemampuan ku melukis yang amatir ini bisa menghias botol susu ini menjadi karya yang luar biasa lalu aku mendapat kan tutorial yang tepat lalu aku mencoba step by step seperti tutorial yang kubaca mulai memotong botol nya melapisi botolnya dengan kain flannel lalu menempelkan hiasan dari bulu ayam yang lembut yang kuambil dari hiasan pita milik ku lalu setelah jadi aku begitu bahagia karna karya ku kali ini memuaskan dan menjawab semua omongan mereka yang meremehkan ku.



Keesokan harinya anak ibu kos main ke kamar ku dan melihat kotak pensil di atas meja ku dan dia meminta untuk membeli nya tapi hatiku berat memberi nya tapi apa daya dia merengek membujuk ku dan akupun gak tega melihat nya menangis lalu aku memberinya dengan Cuma-Cuma alias gratis dan rasa capek ku terbayar dengan lihat expresi bahagianya anak itu dan krna terlalu gembiranya ia sampai menari nari membawa pulang kotak pensil buatan ku itu.
Dua hari setelah itu anak ibu kos datang lagi ke kamar ku sambil berlari lari lalu dia minta dibuat kan 5 kotak pensil itu karna teman disekolah sd nya memesan seperti yang ia miliki dan awalnya aku sempat menolak karna aku gak pernah niat menjadikan suatu pekerjaan dari karya dadakan ini tapi setelah dipikir” gak ada salah nya kali aja bisa buat nambah uang jajan saat orang tua belum kirim uang bulanan ,maklum anak kos dan aku langsung cuss ke kedai tempat biasa aku membeli susu lalu Aku me,membeli 7 botol susu dan sampai di kos aku langsung membuat 5 kotak pensil buatan ku seperti pesanan mereka setelah selesai aku baru sadar ada 2 botol susu yang sisa dan aku pun coba cari tutorial gimana karya ku ini tidak hanya disukain anak perempuan saja.
Akhirnya aku coba membuat mainan  pesawat dari botol susu bekas dengan harapan setelah karya ini jadi bukan hanya menjadi barang yang laku dijual dan akan mendatangkan keuntungan bagi ku tapi juga bisa memotivasi anak-anak sd agar rajin minum susu untuk menjaga kesehatan mereka dan setelah itu botol susu tersebut tidak hanya menjadi sampah yang akan membuat lingkungan menjadi kotor .
Bukan hal mudah membuat pesawat yang memiki desain yang berbeda dengan cara membuat kotak pensil yang biasa ku buat tapi dengan niat yang tulus dan semangat untuk merubah pola fikir anak-anak menjadi lebih mengerti cara menjaga lingkungan dan berkarya melalui bahan yang biasanya terbuang dan tak memiliki arti lalu jadilah hasil karya ku seperti ini walaupun belum sempurna tapi aku bangga bisa buat karya ini yang akan menginspirasi anak-anak untuk jadi kreatif .





Melalui karya kotak pensil pesanan tadi aku mendapat uang jajan tambahan dari hasil karya dadakan tersebut dan aku membandrol nya 20.000 rupiah per kotak pensil nya dan dan 25.000 untuk pesawat dari botol susu ini dan semenjak karya ku ini beredar di sekolah sd ini aku sering kebanjiran pesanan dan bahkan guru kesenian di sekolah itu mengundangku untuk membantu nya mengajari murid sd nya agar dapat membuat karya lewat barang yang tak terpakai.
          Bagiku bukan masalah berapa duit yang telah ku terima dari hasil karya ku tapi sudah seberapa jauh aku merubah pola pikirku untuk dapat kreativitas dan dapat member motivasi anak anak untuk dapat menjaga kesehatan dengan rutin minum susu dan menjaga lingkungan dengan cara mendaur ulang sampah menjadi hasil karya yang bernilai ekonomis.

0 komentar:

Posting Komentar

 

my life Template by Ipietoon Cute Blog Design